Petrified wood si Kayu fossil


Mungkin petrified wood terasuk hal yang langka bagi orang awam atau yang baru saja berkecimpung dalam bidang interior atau furniture, oleh karena itulah saya ingin berbagi sedikit pengenalan tentang petrified wood.

Dalam Bahasa yang lebih umum Petrified wood adalah kayu fosil yang sudah membatu dengan sifat yang keras seperti batu namun masih keliatan pola serat seperti kayu. Petrified wood sejatinya merupakan barang yang kian langka karena materianya yang dibentuk oleh alam dan idak dapat diperbaharui sehingga petrified wood sudah tidak boleh di eksport ke luar negeri meskipun masih banyak yang melakukannya.

Penggunaan petrified wood dalam industry furniture atau interior umumnya digunakan sebagai aksen dalam suatu furniture atau sering juga digunakan secara utuh untuk side table, top table, stool dan lain sebagainya.


Petrified wood dalam bentuk solid log biasanya sering dijadikan side table atau stool semntara yang berupa potongan kecil-kecil dapat dijadikan berbagai macam dekorasi atau aksen untuk furniture, petrified wod dalam bentuk potongan kecil biasanya dikombinasikan dengan material resin untuk disusun menciptakan suatu pola tertentu berbentuk panel yang kemudian bisa digunakan sebagai top table, bingkai cermin, pntu cabinet dan lain sebagainya.

Terkait warna, secaa alami petrified wood ada yang berwarna coklat, krem, putih dan hitam, namun warna alami ini bisa diganti dengan pewarnaan buatan dengan menggunakan pewarna khusus namun hal ini tentu saja akan mengurangi nilai estetis alami dari petrified wood.

(photo : Petrified wood log)

Penjualan petrified wood dalam bentuk solid log umumnya dilakukan dengan hitungan berat per kilogram sementara yang sudah berbentuk pola atau dekorasi dijual dengan berbagai macam variasi harga tergantung pengrajinnya.

(photo : untuk wastafel / sumber aguacanada.com)


Pengrajin petrified wood banyak terdapat di jawa tengah dengan tujuan penjualan atau pangsa pasar ke berbagai kota besar di Indonesia termasuk jogja dan Bali salah satunya sebagai Kawasan  atau pusat jual beli furniture atau karya seni yag bernilai tinggi di Indonesia.
Bali sendiri sudah dikenal sebagai pasar global untuk berbagai macam furniture, accessories atau barang antic untuk berbagai macam kebutuhan interior. Banyak sekali designer atau penggiat dalam bidang interior dari belahan dunia lainnya seperti eropa sengaja datang ke Bali untuk hunting barang-barang untuk kebtuhan interior mereka.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT REVISION CLOUD DI AUTOCAD

Cara Menampilkan Dimensi Inch dan Meter Secara Bersamaan di Autocad

Membuka proteksi kartu memori yang terkunci