Pengembangan Jalur Pedestrian atau Jalur Pejalan Kaki di Kota Sabang

 

Pedestrian adalah nama lain untuk pejalan kaki yang umumnya digunakan ketika membahas masalah  trasportasi atau  ruang publik. Jalur Pedestrian adalah space atau ruang khusus yang disediakan untuk penjalan kaki, atau sering disebut juga dengan trotoar.

Jalan kaki mungkin belum menjadi budaya sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk di Kota Sabang namun berbeda dengan banyak negara maju, berjalan kaki sudah menjadi rutinitas dalam menjalani aktifitas sehari-hari seperti ke kantor atau juga saat berwisata. semakin hari berjalan kaki makin dianggab sebagai sebuah budaya yang baik dan patut untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama di kota besar karena dapat mengurangi kemacetan jalan raya dan juga lebih sehat.

Kebiasaan masyarakat luar negri berjalan kaki terbawa sampai ketempat mereka berwisata seperti Sabang yang bukan merupakan kota besar, keuntungan berjalan kaki saat berwisata selain menyehatkan juga membuat wisatawan dapat mengamati setiap sudut tempat yang dilewati secara lebih leluasa.


Kenapa Sabang perlu pengembangan  jalur pedestrian?

Kota Sabang adalah Kota Wisata yang dikunjungin oleh wisatawan baik lokal maupun manca negara sehingga infrastruktur yang bagus, layak dan aman sangat dibutuhkan untuk mendukung kenyamanan para wisatawan termasuk salah satunya jalur pejalan kaki.

Sampai saat ini, setidaknya sampai tulisan ini diposting yaitu awal tahun 2023, hanya ada sedikit sekali jalur pedestrian yang aman, nyaman dan layak di Kota Sabang yaitu di kawsan depan kantor walikota Sabang, selebihnya tidak terpelihara dengan baik dan sebagian space jalur pedestrian dijadikan lapak berjualan oleh masyarakat seperti di kawasan Pasiran, sangat disayangkan apabila jalur pedestrian di kawasan tersebut tidak terpelihara dan dijaga keindahannya karena merupakan jalur pedestrian utama dan yang pertama dilalui oleh para tamu kapal pesiar yang singgah di Sabang. 

First impression yang baik sangatlah dibutuhkan untuk membangun mood para wisatawan untuk terus menjelajahi seluruh sudut Kota Sabang, jika first impressionnya jelek makan mood wisatawanpun akan cenderung jelek yang membuat mereka enggan untuk berlama-lama dan lebih memilih untuk kembali dan stay di kapal padahal jelajahan mereka sangat kita butuhkan untuk terjadinya transaksi jual beli barang dan jasa sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat dan memacu roda perekonomian Kota Sabang.


Pemeliharaan jalur pedestrian yang sudah ada dan pengembangan jalur pedestrin yang baru harus diupayakan oleh pemerintah Kota Sabang terutama sepanjang kawasan yang di lalui oleh wisatawan kapal pesiar.

Maping atau pemetaan jalur yang dilalui oleh wisatawan perlu direncanakan sedemikian rupa dilengkapi dengan penentuan titik-titik atau spots mana saja yang bisa menjadi potensi untuk dikembangkan sebagai daya jual pariwisata seperti spot pemandangan kota, spot pusat jajanan khas, spot area santai, kuliner dan cafetaria, spot bangunan yang memiliki nilai jual sejarah, sosial dan budaya, spot pertunjukan atraksi kesenian dan lain sebagainya yang menyebar diseluruh sudut kota sehingga dampak ekonomi juga bisa dirasakan secara lebih maksimal.

sumber foto : cavinteo.blogspot.com

Sehingga kesimpulan dan manfaat yang dapat diambil dari pengembangan jalaur pedestrian di Kota Sabang antara lain adalah sebagai berikut:
  • Memberikan first impression yang baik untuk wisatawan
  • Menjamin keamanan dan kenyamana wisatawan dan masyarakat Sabang sendiri
  • Dapat memaksimalkan potensi wisata yang ada dan menumbuhkan titik wisata baru
  • Memberikan dampak ekonomi yang lebih maksimal dan merata
Pemerintah dan masyarakat harus mampu memberikan perhatian yang sangat besar untuk jalur pedestrian, pemerintah melakukan perencanaan dan pembangunan dengan baik sementara masyarakat ikut menjaga apa yang telah dibangun oleh pemerintah.

Sebagai informasi tambahan kunjungan wisatawan ke Sabang terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya meskipun sempat mengalami penurunan pada saat pandemi Covid-19, oleh karena itu pengembangan infrastruktur yang menunjang pariwisata harus terus ditingkatkan untuk menjaga pertumbuhan kunjungan wisatawan ke Sabang.

sumber foto : Instagram @bp_kawasan_sabang (7 feb 2023)

Tulisan ini adalah curahan pikiran pribadi saya sebagai seorang blogger kelas kacangan yang ingin berkontribusi dengan meberikan sumbangan pemikiran, jika masih banyak kekurangan  dalam penulisan atau penyampaian saya memohon maaf. semoga Sabang terus menjadi kota yang maju, nyaman, aman dan sejahtera.




Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT REVISION CLOUD DI AUTOCAD

Cara Menampilkan Dimensi Inch dan Meter Secara Bersamaan di Autocad

Membuka proteksi kartu memori yang terkunci