Mengenal istilah atau nama-nama dalam dunia Kopi / Barista

Espresso

adalah kopi yang diseduh dengan tekanan dan suhu tinggi untuk mendapatkan ekstrak kopi yang kental dan penuh cita rasa, proses penyeduhan ini menggunakan alat yang memang khusus untuk mebuat espresso baik yang sudah berupa mesin otomatis menggunkaan listrik maupun yang manual menggunakan tenaga manusia.

Espresso merukapan basic kopi untuk pembuatan berbagai macam varian menu kopi di Coffee Shop, mulai dari Latte, Cappucino dan lain sebagainya.


Single Shot & Double Shot Espresso

Kadang-kadang kita juga mendengar Istilah Single Shot Espresso dan Double Shot Espresso, penjelasan paling mudah untuk dipahami orang awam mungkin sebagai berikut;

Single Shot ; 1 seduhan

Double Shot : 2 seduhan

yang artinya ini berkaitan banyaknya dimana yang Double Shot dua kali lebih banyak dari Single Shot, jadi bagi anda yang sangat senang dengan espresso porsi yang banyak bisa memesan yang Double Shot.

berikut ini penjelasan menurut website Otten selaku salah satu website perkopian terbaik Indonesia :

One Shot
Umumnya espreso one shot menggunakan bubuk kopi sekitar 9-12gr, tergantung pada rasio yang digunakan apakah 1:1 atau 1:2, biasanya sajian one shot satu cupnya itu 30ml, namun ada juga yang menyajikannya pada 25-35ml dalam satu shotnya. Jelasnya lagi one shot menggunakan single basket seperti Basket Single 7-9gr (58mm), dan tipe basket single lainnya.

Double Shot
Berbeda dengan one shotespresso double shot biasanya menggunakan bubuk kopi sekitar 16-24gr, rasio espresso juga menjadi perhatian, yang paling jelas perbedaannya pada basket yang digunakan. Double shot bisa menggunakan basket double seperti VST Basket Double yang terdiri dari basket double 15gr, 18gr dan 20gr dengan lekukan-ridged ataupun tanpa lekukan-ridgeless di dalam basket. Sajian double shot pastinya lebih banyak dua kali lipat dari one shot, sekitar 60gr tergantung dosing dan rasio yang digunakan.


Long Black dan Americano

Long Black dan Americano sama-sama kopi hitam berbahan dasar espresso dengan tambahan air putih untuk mebuat rasa espresso menjadi lebih ringan. perbedaan antara keduanya terdapat pada cara pembuatan.

Long Black dibuat dengan menuangkan espresso kedalam air putih sementara Americano sebaliknya yaitu menuangkan air putih kedalam espresso.

dari segi tampulan Long Black akan terlihat masih memiliki Crema di bagian atas sementara Americano hampir tidak terlihat crema lagi karena langsung tercampur saat dituangkan air putihnya.


Cafe Latte dan Cappuccino

Cafe latte dan Cappuccino sama-sama berasal dari Italia dan memiliki ingredients yang sama yaitu espresso tetapi komposisinya berbeda.

Jumlah Susu dalam segelas Cafe Latte lebih banyak dari pada Cappuccino, sehingga rasanyapun berbeda, Cafe Latte terasa lebih creamy sementara Cappuccino kopinya lebih terasa.

Komposisi Cafe latte umumnya adalah 1 shot espresso dengan 175 - 235 ml susu dan sedikit foam milk, sementara Cappucino adalah jumlahnya sama anatara espresso, steamed milk dan foamed milk atau 1/3 masing-masing komposisi.

Cangkir Cafe Latte umumnya lebih besar daripada cangkir Cappuccino.


Nama-nama peralatan Kopi

Ada sangat banyak sekali jenis peralatan yang digunakan dalam penyeduhan kopi namun yang paling dasar dan umum digunakan serta sering kita dengar adalah alat-alat berikut ini;

Mesin Espresso atau Coffee Maker

adalah alat untama untuk mebuat espresso ada yang sudah berbentuk mesin ada juga yang manual seperti Rok Presso, mesin kopi biasanya digunakan untuk coffee shop yang membutuhkan performa kuantitas dan kecapatan penyeduhan kopi sementara yang manual umumnya digunakan untuk rumahan atau pecinta kopi untuk konsumsi pribadi.



Porta filter dan Tamper

Porta filter dan Tamper merupakan bagian dari alat pembuat espresso baik mesin otomatis maupun yang manual, Porta filter berfungfungsi sebagai wadah untuk bubuk kopi untuk proses penyaringan sementara Tamper berfungsi untuk meratakan kopi didalam wadah porta filter supaya proses tekanan dan penyaringan bisa berjalan dengan maksimal.


Grinder

Sesuai namanya Grinder adalah alat untuk menghaluskan biji kopi supaya bisa diseduh menjadi espresso maupun penyeduhan dengan cara lainnya, Grinder juga ada yang otomatis dan manual, yang otomatis umumnya digunakan untuk coffee shop  untuk penggilingan dalam jumlah banyak sekaligus sementara yang manual umumnya untuk penggunaan konsumsi pribadi.

V60

V60 adalah salah satu teknik penyeduhan kopi manual brewing dengan cara penyaringan dengan kertas saring khusus, kopi di atas kertas saring kemudian dituangkan air panas secara perlahan dengan gerakan melingkar sampai sempurna.

Penyeduhan dengan V60 biasanya menggunakan kopi jenis arabica.


Vietnam drip

Vietnam Drip juga merupakan salah satu teknik penyeduhan kopi dengan menggunakan alat saring khusus bernama vietnam drip. jika V60 kertas saring, Vietnam Drip menggunakan saringan  mirip cangkir logam kecil yang ditaruh di atas gelas kopi yang sudah diisi dengan susu kental manis di bagian dasar, banyaknya susu sesuai selera masing-masing.

sumber foto : tokopedia
Frech Press

adalah gelas penyeduhan kopi yang memiliki saringan yang bisa dinaik-turunkan, bubuk kopi diletakkan di bagian bawah dan filternya bagian atas sehingga pada saat dituangkan ke cangkir kopi bubuk kopinya sudah tersaring.


Kettle

Seperti namanya adalah ceret untuk menuangkan air panas untuk menyeduh kopi dengan teknik pour over, ceret untuk kopi biasanya memeiliki leher angsa dengan lobang yang kecil sehingga air yang dituangkan bisa pelan dan konsisten.


Milk Jug

Milk Jug adalah wadah untuk frothing susu dan menbuat kreasi latte art saat menuangkannya ke dalam kopi.

 

Semoga artikelnya bermanfaat ya gaes.. berikut tambahan gambar ilustrasinya:



Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT REVISION CLOUD DI AUTOCAD

Cara Menampilkan Dimensi Inch dan Meter Secara Bersamaan di Autocad

Membuka proteksi kartu memori yang terkunci