Cara merubah kebiasaan lama dan memulai kebiasaan baru


Untuk merubah kebiasaa lama dan membangun kebiasaan yang baru bukanlah hal mudah bagian sebagian besar orang karena butuh kesiapan mental dan fisik yang baik untuk memulainya.

bahkan kita bisa melihat langsung dari orang-orang di sekitar kita, banyak sekali yang ingin berubah dan ingin memulai suatu kebiasaan baru namun pada akhirnya hanya sebatas wacana yang tidak terealisasikan.

mungkin berikut ini bisa menjadi tips buat kita yang saat ini ingin memulai membangun kebiasaan baru supaya lebih mantab dan tidak hanya berakhir sebagai sebiah wacana.

1. Ubah mulai dari hal yang paling kecil, meskipun secara perlahan namun konsisten

Sudah menjadi sebuah nasihat umum bahwa segala sesuatu yang berlebihan hasilnya akan tidak baik, kadang karena terlalu semangat kita memaksa diri kita terlalu keras di awal sehingga pada titik tertentu saat fisik dan psikis kita mencapai limitnya dan jatuh kita akan sulit bangkit kembali.

Seperti pada saat melakukan olahraga yang berat tentu memerlukan pemanasan, melakukan olah raga juga harus sesuai dengan kemampuan fisik kita jika kita memaksa melampaui batas fisik kita maka yang akan terjadi adalah cedera yang membuat kita malah harus berhenti untuk melakukan olahraga, 

untuk menyelesaikan marathon seorang pelari harus terbiasa berlari 5k terlebih dahulu, kemudian 10k, lanjut 20k dan ketika fisiknya dirasa mampu baru lanjut ke full marathon. otot dan seluruh organ tubuh kita kita butuh proses untuk berkembang demikian juga dengan otak perlu waktu untuk menganggap sesuatu sebagai rutinitas dan kebutuhan.

Youtuber terkenalpun tidak serta merta bikin konten langsung banyak follower dan subscribernya lalu terkenal dan banyak uang, ada proses yang mereka tekuni bertahun-tahun, mulai dari rutin membuat dan mengupload konten-konten sederhana sampai akhirnya dinotice sama orang banyak.

Kita juga bisa belajar banyak dari Ghozali Everyday, pertama mgkin apa yang dilakukan Ghozali terlihat seperti hal sederhana yang bahkan mgkin tidak berguna dan punya pengaruh banyak namun akhirnnya sekarang apakah itu masih tetap hal yang tidak berguna? tentu tidak.

2. Jangan terlalu fokus sama hasil yang ingin dicapai

Setiap awal tahun baru kita sering buat resolusi untuk tahun ini tanpa sadar kita menetapkan target hasil yang begitu tinggi dan fenomenal, namun pada saat kita memulai aktifitas untuk mewujudkan mimpi kita tersebut ternyata sangat lah berat dan akhirnya kita menyerah.

kita lupa bahwa untuk hasil yang fenomenal juga membutuhkan usaha yang fenomenal, daripada kita berfokus pada hasil kenapa kita tidak fokus untuk melakukan proses-proses yang konsisten dan terus meningkatkan  aktifitas baik kita tersebut sehingga bisa menjadi rutinitas keseharian kita, hal kecil yang dilakukan secara terus menerus pada saatnya akan menjadi suatu proses yang besar dengan hasil yang yang membanggakan.

3. Ubah lingkungan dan ciptakan lingkungan kita sendiri

Ubah lingkungan disini maksudnya adalah lingkungan pribadi kita sendiri, rumah, kamar, ruang kerja atau meja kantor kita sendiri. misalnya jika kita ingin diet maka jangan simpan banyak makanan ringan di kamar atau ruang kerja kita tapi gantilah dengan ketersediaan air putih, jika kita terlalu sibuk dan hanya punya waktu sedikit untuk olahraga makan sediakan peralatan-peralatan olahraga sederhana untuk olahraga di rumah dan lain sebagainya.


4. Terbiasalah mandiri


Ketergantungan terhadap orang lain atau suatu barang tertentu akan membuat kita terikat dan cenderung mengikuti keadaan orang lain, hal ini sangat tidak baik karena menambah faktor penghambat diri kita.

contoh sederhananya, saya telah merencanakan joging sore ini karena ada teman saya yang juga joging sore ini, tapi tiba-tiba mood saya jelek dan merasa malas akhirnya saya tunda besok aja jogingnya, besoknya mood saya sudah bagus tapi ternyata teman saya berhalangan, karena saya tidak bisa lari tanpa teman saya akhirnya sayapun tidak jadi jadi jogging. saya membuat rencana saya perlu effort dan ketika teman saya berhalangan dan saya gagal lari mood saya yang awalnya sudah bagus menjadi jelek kembali. 

dari contoh ini selain saya sudah menunda kesehatan saya, saya juga telah merusak kesehatan mental saya, meskipun sepele apabila ini sering terjadi maka efeknya tidak akan sepele lagi.

5. Banyaklah membaca

Perasaan dan segala tindakan kita merupakan hasil dari pikiran kita, pikiran yang buntu dan kurang inspirasi akan membuat tindakan kita menjadi terhambat, inspirasi bisa kita dapatkan dengan membaca, semakin banyak membaca maka akan semakin banyak pula inspirasi dan perspektif yang kita dapatkan.

Saat membaca otak kita menjadi lebih aktif dan ini juga bisa menjadi exercise untuk kesehatan dan kekuatan otak kita guna mengurangi masalah yang dapat ditimbulkannya di hari-hari selanjutnya.

6. Lakukanlah dengan senang hati

Saat melakukan sesuatu dengan senang hati pikiran kita biasanya akan lebih fokus, pikiran yang fokus akan dapat meminimalisir kesalahan sehingga keberhasilanpun akan terbuka lebar. 

Saat melakukan sesuatu dengan senang hati energi yang kita pancarkan juga merupakan energi positif, ketika lingkungan kita menerima energi positif dari kita maka lingkungan kitapun akan bisa menjadi support sistem bagi kita untuk terus bertahan dan membuka peluang melakukan hal-haln dengan lebih mudah.

ada satu ungkapan;

 "If you want a new habit, fall in love with a new ritual!" - James Clear

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT REVISION CLOUD DI AUTOCAD

Cara Menampilkan Dimensi Inch dan Meter Secara Bersamaan di Autocad

Membuka proteksi kartu memori yang terkunci